Di tangan pemuda kreatif, sampah botol bekas berubah menjadi dekorasi yang mempercantik salah satu pojok kampus. Kegiatan ini disebut pendidikan konservasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah Pecinta Alam (HIMMPAS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), salah satu aktivitasnya dengan membuat recycle garden dan menanam tanaman hias.

“Pendidikan konservasi ini dilakukan karena merupakan sebagian dari syarat menuju jenjang yang lebih lanjut. Selain itu, kami juga ingin kampus II UMSIDA menjadi lebih hijau,” ujar pendamping pendidikan konservasi Elisa Chalimatus Sa’diyah. Para pegiat HIMMPAS khususnya angkatan XIX membuat recycle garden dan menanam tanaman hias untuk mempercantik taman di kampus 2 pada Sabtu-Ahad (27-28/01/2017).

Uniknya lagi, kegiatan dekorasi taman dilakukan untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi di HIMMPAS dari Anggota Lulus Diklat (ALD) menuju Anggota Muda (AM).

Sebelumnya, tim ALD melakukan observasi di beberapa lingkup kampus UMSIDA. Oleh karena taman yang berada di kampus II UMSIDA terlihat kurang menarik, maka akhirnya mereka memutuskan memilih tempat tersebut untuk diberdayakan.

“Kita sebagai mahasiswa UMSIDA yang bergerak di UKM Pecinta Alam, tentunya ingin kampus kita tercinta lebih hijau dan memiliki taman yang bagus dan menarik dengan membuat recycle garden,” kata Elisa menambahkan.

Dalam kegiatan ini, barang-barang yang digunakan pun mudah dijumpai dan didapatkan.
“Kami memanfaatkan botol-botol plastik bekas menjadi sesuatu yang istimewa, agar mahasiswa UMSIDA juga termotivasi untuk membuat sesuatu dari barang barang bekas,” ujar pendamping pendidikan konservasi. (elisa/inka/dian)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *