Berawal dari Hobi Menyanyi, Mahasiswa PG PAUD Umsida Raih Juara Kompetisi Cipta Lagu

Umsida.ac.id – “Lagu ini diciptakan dengan sederhana agar mudah dinyanyikan oleh anak-anak TK sampai SD supaya mereka mengerti bahwa guru juga berperan penting bagi kehidupannya,” ungkap Anggita Beauty Rani, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD)Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang berhasil menyabet juara 2 lomba cipta lagu, Rabu (1/12).

Lomba cipta lagu dalam kegiatan GEMPITA 2021 yang dilaksanakan 18-30 November ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) PG PAUD Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tema yang diangkat berupa profesi dan cita-cita, kemudian hasil Karya peserta ditampilkan melalui YouTube Official HMJ PG PAUD UNESA. Seleksi dilakukan dalam 2 tahap, seleksi hingga 10 besar dan pemilihan juara.

Kepada tim jurnalis Umsida, perempuan yang mengaku sudah senang bernyanyi sejak TK itu memilih profesi guru dalam karya lagu ciptaannya. Selanjutnya, Anggita menciptakan lirik lagu yang sederhana agar mudah dinyanyikan anak-anak. “Lalu membuat nada atau irama. Setelah lagu jadi dilanjut dengan pembuatan iringan atau instrumen. Dan yang terakhir proses take video,” ungkapnya.

Pemilik akun instagram @agtbearn_  ini menjelaskan, keberhasilannya menjadi juara tidak terlepas dari dukungan teman-teman dan para dosen. “Awalnya yang menginfokan untuk mengikuti lomba ini adalah teman sekelas saya Siti Maslula dan kaprodi PG PAUD Bu Lina, yang kemudian kakak senior saya di UKM PSM Surya Nada yaitu kak Aziz membantu mengiringi saya bernyanyi,” jelasnya. Selain itu, Ia juga mendapat bimbingan langsung dari Dosen Evie Destiana dalam menuliskan notasi lagu.

Anggita mengaku ini menjadi pengalaman pertamanya mengikuti kompetisi cipta lagu. Kedepannya, Anggita berharap bisa mencoba hal-hal baru dan menggali potensi di dalam dirinya. Ia juga berpesan kepada mahasiswa lainnya untuk tidak takut memulai sesuatu.

“Terkadang kita tidak sadar bahwa hal yang kita kira biasa saja ternyata bisa jadi hal yang luar biasa jika berada di lingkungan yang tepat. Terus gali potensi diri kita masing-masing, jangan malu untuk memperluas atau belajar skill baru, dan berkumpulah dengan orang-orang yang ingin berproses bersama,” tandasnya.

Ditulis : Shinta Amalia Ferdaus

Edit : Anis Yusandita

Related Posts

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Tolak Masa Jabatan 3 Periode, Mahasiswa Umsida Turun ke Jalan Berunjuk Rasa

Umsida.ac.id – Tolak perpanjangan masa jabatan 3 periode, ratusan mahasiswa...

Leave a Reply