Mahasiswa Prodi PBA Umsida Lolos Seleksi Pertukaran Mahasiswa di Uhamka

Umsida.ac.id – Sebanyak 7 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lolos seleksi program pertukaran mahasiswa dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Sabtu, (12/3). Ketujuh  mahasiswa tersebut antara lain Fariz Sayyidan, Livana Amelia, Ein Bashiroh, Nida’ur Rifqi, Tifany Diah R, Itsnaini Laras F, dan  Nada Fildzah F.

Ketua Program Studi (Kaprodi) PBA, Khizanatul Hikmah SS MPd menyampaikan, nama-nama mahasiswa tersebut adalah hasil dari penyaringan 15 mahasiswa yang mendaftar. Tahapan seleksi dimulai dari pengisian Google Form, seleksi administratif, tes kualifikasi bahasa arab,dan tes wawancara personality.

Kemudian, Khizanatul Hikmah S S M Pd mengimbuhkan, mahasiswa yang lolos akan diminta untuk mengisi surat pernyataan terkait komitmen menjalani program tersebut. “Surat pernyataan tersebut akan menjadi komitmen mereka untuk menjalankan pertukaran mahasiswa selama 1 semester ini dengan baik dan tanggung jawab penuh,” jelasnya.

Kepada Umsida.ac.id, Kaprodi yang akrab disapa Ina itu mengungkapkan, tujuan dari adanya program pertukaran mahasiswa yakni untuk menunjang kompetensi mahasiswa, memperkaya wawasan dan pengalaman belajar mahasiswa lintas perguruan tinggi. “Selain itu, program ini juga bertujuan agar dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperluas jejaring dan mengembangkan wawasan secara global, serta meningkatkan solidaritas, persahabatan, integritas antar mahasiswa,” ucapnya.

Sementara itu, Farriz Sayyidan mengaku senang namanya bisa terdaftar sebagai salah satu mahasiswa yang lolos. “Saya bersyukur telah menjadi salah satu mahasiswa yang lolos dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini, karena program tersebut mampu memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang yang hebat sekaligus mendapatkan penguatan kompetensi sesuai dengan program studi saya, yaitu Pendidikan Bahasa Arab,” ujarnya.

Khizanatul Hikmah S S M Pd berharap agar mahasiswa yang lolos seleksi dapat menjalankan program pertukaran mahasiswa dengan disiplin dan tanggung jawab. “Semoga mahasiswa dapat menjaga nama baik institusi serta dapat memperkuat jati diri sebagai calon pendidik bahasa arab yang adaptif, unggul, profesional sesuai dengan profil lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab,” tuturnya. (shinta/etik)

*Humas Umsida

Related Posts

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Tolak Masa Jabatan 3 Periode, Mahasiswa Umsida Turun ke Jalan Berunjuk Rasa

Umsida.ac.id – Tolak perpanjangan masa jabatan 3 periode, ratusan mahasiswa...

Leave a Reply