Tolak Masa Jabatan 3 Periode, Mahasiswa Umsida Turun ke Jalan Berunjuk Rasa

Umsida.ac.id – Tolak perpanjangan masa jabatan 3 periode, ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang juga tergabung dalam Organisasi Mahasiswa (Ormawa) turun ke jalan untuk menggelar aksi unjuk rasa, Selasa (12/4). Seluruh mahasiswa kompak menyuarakan penolakannya atas narasi diundurnya pemilu 2024.

Mengusung tema Ibu Pertiwi Dikebiri Oligarki, lautan mahasiswa berjas almamater merah ini berkumpul di lapangan SMAMDA sejak pukul 7 pagi. Para mahasiswa ini langsung menyasar dan mengepung gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo. Dengan penuh harap agar aspirasinya bisa didengar pejabat publik, mahasiswa sampaikan beberapa tuntutan atas kebijakan yang baru-baru ini meresahkan masyarakat.

Aliansi mahasiswa ini mendesak agar penundaan pemilu segera dibatalkan, diturunkannya harga BBM jenis Pertamax, dan kelangkaan minyak goreng yang berujung pada kenaikan harga bahan pokok lainnya bisa diselesaikan, serta segera dituntaskannya permasalahan lumpur lapindo.

Belakangan permasalahan tersebut sontak membuat masyarakat geram dan kecewa. Selain itu, harga kebutuhan pokok yang melonjak tinggi mempersulit mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Sehingga dari aksi ini, masyarakat berharap penuh agar permasalahan bisa terselesaikan.

Kata Affan, Ketua Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Korkom IMM) Umsida, sudah menjadi tugas mahasiswa untuk mewakili suara rakyat sekaligus menjadi Agent of Change. “Aksi ini sangat luar biasa, terutama antusias dari Mahasiswa Umsida menanggapi kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Hingga sekitar pukul 1 siang, aliansi mahasiswa Umsida akhirnya berhasil menduduki gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo. Usman, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo ditemani sejumlah pimpinan DPRD Sidoarjo menjanjikan akan menyampaikan seluruh aspirasi mahasiswa yang berunjuk rasa di sana ke pemerintah pusat.

Menanggapi aksi ini, pihak kemahasiswaan Umsida telah memberikan dukungan penuh sejak awal. “Aksi berjalan dengan damai dan tertib. Semua dalam satu komando, pihak kepolisian, TNI dan DPRD mengapresiasi ketertiban temen-temen mahasiswa,” ujar Edwin Tinda Kusuma SPd, Kepala Sie Kemahasiswaan Umsida.

Aldi, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U) juga mengatakan, aksi berjalan dengan lancar. “Beberapa poin tuntutan yang sudah kami kaji sudah tersampaikan dengan baik, jajaran dewan pun merespon dengan positif. Kita mahasiswa akan terus mengawal jalannya hasil akhir dari jajaran dewan ke pusat,” tegasnya. Ia mengimbuhkan, semoga aksi mahasiswa ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sidoarjo. (Shinta Amalia/Etik)

*Humas Umsida

Related Posts

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Kepala LLDIKTI Serahkan Rekomendasi Pendirian Prodi Kedokteran

Umsida.ac.id – Langkah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mendirikan prodi S1...

Leave a Reply