Umsida Berhasil Kantongi Juara di KMHE 2020

umsida.ac.id – Keberhasilan tim IMEI prodi teknik elektro Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil meraih juara 2 pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020, Senin (30/11). Hasil karya yang diberi nama kendaraan ILUSI 2.2 ini KMHE 2020 ini dilakukan secara daring.

Pembimbing tim IMEI, Indah Sulistyowati ST MT menjelaskan bahwa terdapat perbedaan pelaksanaan KMHE 2020 ini. Sebelumnya, KMHE merupakan perlombaan membangun mobil hemat energi yang dapat berjalan di lintasan, sehingga pemenang ditentukan dari konsumsi bahan bakar yang paling sedikit. “Namun, untuk tahun ini konsep perlombaan seperti itu tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi,” ujarnya saat diinterview jurnalis umsida.ac.id.

Indah, sapaan akrabnya, menyambungkan bahwa konsep kegiatan tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini diubah menjadi pembuatan laporan desain dalam merancang mobil hemat energi dengan menerapkan kaidah keilmuan teknik, sehingga pemenangnya ditentukan berdasarkan konsep terbaik dalam perancangan kendaraan tersebut. “Selain itu, pemahaman dan kemampuan peserta dalam menyampaikan gagasannya juga menjadi salah satu penilaian penting,” tegasnya.

Izza Anshory ST MT, Kaprodi Teknik Elektro menanggapi kemenangan tim IMEI umsida, “Saya sangat senang dan mengapresiasi bahwasanya mahasiswa/i di prodi elektro pada saat ini tetap konsisten untuk mengikuti kejuaraan mobil listrik pada lomba KMHE ini. Artinya kompetisi yang dirintis oleh senior-senior pada tahun lalu dan mengantongi juara,Kompetisi mobil listrik ini, merupakan suatu wadah bagi mahasiswa/i prodi elektro untuk memberikan kontribusi pada UMSIDA dan negara tentang riset mobil listrik,” jelasnya.

ditulis : Fitria Trisna Sisiliani

Edit : Etik Siswati Ningrum

Related Posts

Leave a Reply