Umsida Launching Koleksi Inovasi 2021 Lewat Expo On Innovation dan Meeting of Academics, Bussines People and The Government

Umsida.ac.id  –  Untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan  inovasi Perguruan Tinggi (PT) membuat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) launching sistem MBKM Umsida dan Katalog Inovasi 2021 dalam Expo On Innovation dan Meeting of Academics, Bussines People and The Government, Selasa (21/12).

Pada kesempatannya, Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dr Sigit Hermawan SE MSi menjelaskan Kegiatan Expo On Innovation merupakan kolaborasi dari DPRM dan ISS MBKM. “Dari DRPM sendiri terkait inovator yang dikumpulkan dan hari ini akan melakukan presentasi sedangkan ISS adalah program dosen magang, untuk menyaksikan inovasi yang ada di Umsida,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ia mengungkapkan inovasi Umsida adalah konsep antara akademisi, pengusaha dan pemerintah dengan tujuan agar mempertemukan produk inovasi dosen maupun mahasiswa. “Sebagai contoh Gunabeti merupakan produk inovasi di bidang kesehatan maka kita mengundang dari rumah Sakit dan dinas kesehatan, begitu juga dengan bidang yang lain,” ungkapnya.

Selain itu, Expo On Innovation ini menjadi ajang pertemuan para inovator Umsida dengan mitra diluar Umsida, dan terdapat 22 Inovasi yang dimiliki Umsida baik karya dari dosen maupun mahasiswa, kemudian dalam kegiatan ini akan di presentasikan 10 Inovasi.

Adapun karya Inovasi Umsida yaitu Aplikasi Akuntansi UMKM, Aplikasi Petani Pintar, Kwh Meter Jarak Jauh, Robot Penyemprot Disinfektan, Hardware Monitoring Perubahan Tegangan Motor BLDC, Gunabeti, Mobile Tracking Pada Pasien Terinfeksi Covid-19, Sistem Informasi Posyandu, Aplikasi Layanan Cybercounseilling Islami, Sistem Pakar Diagnosa Komplikasi Kontrasepsi.

Lebih lanjut, pada sambutannya, rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi mengungkapkan inovasi Umsida sejalan dengan visi Umsida. “Visi Umsida masuk kedalam berbagai tonggak capaian, yang mana, didalamnya sangat erat dengan inovasi terutama berbasis riset dan pengabdian masyarakat Umsida,” tuturnya.

Ia berharap Umsida kedepannya bisa menjadi PT yang setara dengan PT negeri unggul lainya. “Semoga optimis Umsida dalam mengembangkan inovasi bisa menjadi atau setara dengan Universitas unggul lainnya, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dosen maupun mahasiswa juga harus kompeten dalam menciptakan inovasi baru,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan peresmian PT Umsida Sinergi...

Tolak Masa Jabatan 3 Periode, Mahasiswa Umsida Turun ke Jalan Berunjuk Rasa

Umsida.ac.id – Tolak perpanjangan masa jabatan 3 periode, ratusan mahasiswa...

Kepala LLDIKTI Serahkan Rekomendasi Pendirian Prodi Kedokteran

Umsida.ac.id – Langkah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mendirikan prodi S1...

Leave a Reply